Wednesday, October 7, 2009

DO IT! - D U I T

Sounds synonymous - English and Bahasa. It is just like a 2 year old kid learning to talk. I recollect my nieghbour's two year old son who speaks in syllables example the word "bola" he would say "bol la."

In islamic term the abbreviation D U I T is:

D for DOA

U for USAHA

I for ISTIGHFAR

T for TAWAKAL

Last December 2008 I attended ESQ LEADERSHIP TRAINING at Batam. ESQ stands for: Emotional, Spiritual Quotient. 3 solid days of training. A training we never get a chance to fall asleep, open our ears, open our eyes for visuals, open our hearts, up on our feet, role plays, lots of fun and packets of tissues (sob...sob...sob) - banyak keinsafan!

7 NILAI DASAR ESQ

1. JUJUR adalah pengabdian kepada AL MU'MIN

2. TANGGUNG JAWAB adalah pengabdian kepada AL WAKIIL

3. VISIONER adalah pengabdian kepada AL AAKHIR

4. DISIPLIN adalah pengabdian kepada AL MATIIN

5. KERJASAMA adalah pengabdian kepada AL JAAMI'

6. ADIL adalah pengabdian kepada AL 'ADL

7. PEDULI adalah pengabdian kepada AS SAMII' dan AL BASHIIR


Excerpt from ESQ MAGAZINE June 2008 issue


ENERGI SUARA HATI

Bila dicermati, kisah-kisah sukses para pebisnis kelas dunia, memerlihatkan suatu kesamaan, terasahnya kecerdasan spiritual menjadi sumber kekuatan laur biasa penggerak bisnis mereka. Perlu ditekankan disini bahwa spiritualitas, sebagaimana diperkenalkan dalam pelatihan Emotional Spiritual Quotation (ESQ), tidak mesti berkaitan langsung dengan agama. Kecerdasan spiritual itu dipandang sebagai potensi yang secara universal dimiliki oleh setiap manusia.


Dalam Model ESQ, yang bersumber pada konsep Satu Ihsan, Enam Rukun Iman dan Lima Rukun Islam (165), potensi kecerdasan spiritual itu diyakini sebagai pantulan sifat-sifat unggul yang terpancar dari Nama-Nama Allah SWT (Asmaul Husna). Potensi itu terpantul melalui ruh yang ditiupkan pada setiap manusia. Tugas manusialah untuk mengasahnya agar teraktualisasi menjadi energi. Model ESQ adalah sebuah ikhtiar untuk menguraikan dan mengasah potensi-potensi itu, dengan mengidentifikasi tujuh dari 99 Asmaul Husna. Ketujuh potensi atau suara hati, yang kami sebut Tujuh Budi Utama (Jujur, Tanggungjawab, Visioner, Disiplin, Kerjasama, Adil dan Peduli) itu menjadi pijakan awal untuk mengenali jati diri, betapa manusia sesungguhnya memiliki potensi yang kaya.


Founder of ESQ Leadership Centre: Ary Ginanjar Agustian, Indonesian




No comments: